Minggu, 20 Juli 2008

STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN KERJA PADA PENGRAJIN BORDIR Dl BANGIL

By: RACHMAYANI, MEITA DEVI

Studi kelayakan Pengembangan Program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) pada pengrajin bordir di Kecamatan Bangil dimaksudkan untuk mempelajari kelayakan Program UKK ditinjau dari peran pengrajin bordir, petugas puskesmas, petugas lintas sektor dan manajer pemilik apabila dikembangkan pada pengrajin bordir di Kecamatan Bangil. Pengrajin bordir seperti halnya pekerja sektor informal lainnya masih belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai di bidang kesehatan kerjanya. Sementara di puskesmas program UKK sendiri hanya merupakan program inovatif yang tidak wajib dilaksanakan oleh puskesmas.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bangil mulai tanggal 1 Maret 2002 sampai dengan 30 Juni 2002. Waktu pengumpulan data selama 1 (satu) bulan mulai tanggal 1 - 30 Mei 2002 dengan cara observasional yang dilakukan secara cross sectional, baik dari aspek pengrajin bordir, petugas puskesmas, lintas sektor dan manajer pemilik. Penentuan sampel, pengrajin bordir dan manajer pemilik menggunakan metode simple random sampling, kemudian dari masing-masing desa diambil sampel secara proporsional; sedangkan untuk sampel petugas puskesmas dan petugas lintas sektor diambil total. Responden dalam penelitian ini dibagi menjadi empat yaitu dari pengrajin bordir, petugas puskesmas, petugas lintas sektor dan manajer pemilik. Jumlah responden pengrajin bordir sebesar 126 orang; manajer pemilik sebesar 17 orang; petugas puskesmas besamya 14 orang yaitu yang berkaitan langsung dengan program UKK (Kepala Puskesmas sub koordinator pemberdayaan kesehatan puskesmas, petugas sanitarian puskesmas dan bidan di desa/pembina kelurahan); sedangkan petugas lintas sektor besarnya 36 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program UKK pada pengrajin bordir sangat layak dikembangkan di Kecamatan Bangil. Ditinjau dari peran serta pengrajin yang meliputi 92,9% sangat bersedia menjadi kader UKK, 100% sangat bersedia membentuk pos UKK, 90,5% sangat bersedia mengembangkan pos UKK. Peran serta petugas puskesmas juga baik karena 100% sangat bersedia melakukan pembinaan dan pelatihan pada kader UKK, 100% sangat bersedia melakukan pengembangan pos UKK. Peran serta petugas lintas sektor amat menonjol karena 94,4% bersedia membantu pelaksanaan pengumpulan data dasar pengrajin, 91,7% bersedia mengenal, mengumpulkan dan mengkaji masalah kesehatan, 91,7% bersedia membantu penentuan prioritas masalah kesehatan, 97,2% bersedia mengembangkan program UKK. Demikian pula dukungan manajer pemilik; 100% bersedia menyiapkan ruang untuk pos UKK, mengijinkan tenaga kerjanya mengikuti pelatihan kader dan menjadi kader UKK, mengijinkan pelaksanaan pelayanan kesehatan kerja di tempat kerja, melakukan kerjasama lintas sektor; 100% sangat bersedia melakukan pengembangan program UKK. .

Melihat peran serta pengrajin bordir dan dukungan petugas puskesmas, petugas lintas sektor serta manajer pemilik yang begitu baik; maka program UKK pada pengrajin bordir merupakan satu kebutuhan untuk segera dikembangkan di Kecamatan Bangil dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati.

Translation:

A feasibility study of the improvement of occupational health effort embroidery craftman in Bangil district was aimed at studying the appropriatenes of UKK program, when applied, viewed from the participation of the embroidery craftman, public health centres' officers, cross-sectional officers, and owner managers.

The embroidery craftman, as other informal-field craftrnan, hitherto have not been provided with appropriate health service in this work. In the meantime, the UKK program in the local clinics is only an innovative program which is not obliged to apply.

This research was carried out in Bangil districs from March 1 to June 30, 2002. The data collecting lasted for 1 month, from May 1 to May 30, 2002, by using observational technigue conducted cross-sectoral, either for the embroidery craftman, local clinics' officers, cross-sectional officers, or owner managers. The population were four divisions of respondents namely the embroidery craftman, public health centre officers,. cross-sectoral officers, and owner manajers. The sample of embroidery craftman and owner managers, was first taken by using Simple Random

Sampling then from each sub-districs the sample was determined proportionally. While the sample of local clinics' officers and cross-sectoral officers was taken totally.

The conclusion of the study showed that the UKK program among embroidery craftman is necessary to develop did in Bangil districs. In term of the respondents' participation, 92.9 % respondents do not mind being UKK cadres, 100% respondents were enthusiastic of establishing UKK post, 90.5% respondents were keen to develop UKK post. The participation of public health centres' officers is also excellent. 100% respondents were keen to offer training and edification for the UKK cadres, 100% respondents did not mind developing UKK post.

The participation of the cross-sectional officers was also good. 94.4% respondents would like to carry out basic data collection of the embroidery craftman, 91.7% respondents did not mind knowing, collecting, and analyzing the health problems, 91.7% respondents would like to help to determine the priority of health problems, and 97.2% respondents were eager to develop the UKK program. The UKK program was also well-supported by the managers; 100% respondents did not mind providing space for UKK post, permitting their craftman to join the training and even to be UKK cadres, permitting the realization of health service in the workplace, and performing cooperation cross-sectionally; 100% respondents would like to develop UKK program.

Since the participation of the embroidery craftman, public health centres' officers and the support from cross-sectional craftman and managers were good, the UKK program is necessary to develop in Bangil district, in accordance with the approved plan.

Tidak ada komentar: